CHAQIAL

Kumpulan Tulisan Ringan, Sahabat Saat Santai

Budidaya Perkebunan Paprika


Jumlah penduduk yang semakin bertambah menuntut tersedianya bahan pangan yang dapat memenuhi kebutuhan penduduk untuk kelangsungan hidupnya.  

Salah  satu  bahan  pangan  yang  menjadi  kebutuhan  penduduk adala sayuran.   Sayura menjadi   penting   dalam   kebutuha pangan penduduk karena menjadi salah satu penyedia gizi berupa serat, vitamin, protein dan lain-lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.


Permintaan produk buah-buahan dan sayuran dari Indonesia cenderung terus meningkat. Pasar Amerika dan Eropa setiap tahun meminta kiriman produk olahan buah-buahan  dan sayuran dalam jumlah besar.

Namun salah satu kendala utama ekspor hortikultura adalah produktivitas tanaman dan kualitas yang rendah. Akibatnya permintaan akan produk buah-buahan dan sayuran tidak selalu dapat terpenuhi.

Masalah  kualitas  atau  mutu  sayuran  menjadi  salah  satu  pertimbangan negara-negara pengimpor. Pertimbangan ini karena komoditi sayuran harus memenuhi  syarat  untuk  konsumsi  segar  dan  industri  pengolahan  bahan baku. 

Masalah  kualitas  atau  mutu  sayuran  harus  menjadi  perhatian, mengingat  sifat  komoditi  sayuran  yang  mudah  rusak  dan  mudah  busuk. Untuk saat ini, komoditi sayuran yang memiliki volume ekspor cukup besar dan stabil adalah jamur dan cabai merah segar. Jamur banyak diekspor ke Inggris, Singapura dan Brunei Darussalam.  Sedangkan  cabai merah segar diekspor ke Taiwan dan Arab Saudi.

Paprika merupakan salah satu sayuran yang memiliki prospek yang cerah. Peluang pasar luar dan dalam negeri masih terbuka lebar karena pasokan lebih kecil dibandingkan permintaan. Produksi dalam negeri masih terbatas, karena paprika  merupakan  tanaman  yang memerlukan  kondisi  agroklimat dan  terbatas  pada  daerah  dataran  tinggi.  

Walaupun  bukan  merupakan tanaman sayuran asli Indonesia, perubahan gaya hidup dan pola konsumsi penduduk   (khususnya   perkotaan)   berupa   menu   sayuran   permintaan terhadap  paprika  menunjukkan  peningkatan.  Paprika  yang  lebih  dikenal dengan nama cabai manis ini banyak ditemukan di pasar swalayan, dan juga di pasar tradisional di daerah perkotaan.

e-book tentang Budidaya Perkebunan Paprika , di buat oleh Bank Indonesia sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan bagi Anda yang berminat mengeluti bisnis Budidaya Perkebunan Paprika . Isi buku yang sangat lengkap dari mulai awal kegiatan, sampai produksi, ditinjau dari aspek lokasi, persaingan hingga aspek keuangan.


Ebook yang sangat lengkap ini dapat Anda  download e-book disini_ DOWNLOADE-BOOK secara gratis
Labels: ebook

Thanks for reading Budidaya Perkebunan Paprika. Please share...!

0 Comment for "Budidaya Perkebunan Paprika"

Back To Top