CHAQIAL

Kumpulan Tulisan Ringan, Sahabat Saat Santai

Membuat Rencana Bisnis

Ilustrasi:google.com
Sebelum memulai sebuah usaha yang pertama harus dilakukan adalah membuat rencana bisnis.

Meskipun banyak alat-alat lain yang dapat membantu Anda mengevaluasi dan merencanakan aspek-aspek tertentu dari bisnis Anda, rencana bisnis menyediakan Anda road map dari apa yang ingin Anda capai dan cara untuk berbagi bagaimana Anda berharap untuk mencapainya.

Sebuah rencana bisnis juga dapat membantu Anda mengamankan kredit, anggaran waktu dan uang, dan garis besar tujuan Anda untuk masa depan.
Joseph Ferriolo, direktur Wise Rencana Bisnis, mengatakan rencana yang ditulis dengan baik dapat memperdalam wawasan Anda dan mencegah masalah di masa depan.
Alasan untuk menulis sebuah rencana bisnis adalah sederhana. Hal itu dilakukan untuk memberitahu kepada Anda tentang apa yang tidak Anda ketahui.

Apa rencana bisnis?
Pikirkan rencana bisnis sebagai peta jalan Anda untuk sukses: Ini memungkinkan Anda merumuskan rute terbaik untuk bisnis yang Anda ambil.
Dari rencana bisnis yang Anda tuangkan kemudian di kaji dan ditelaah. Setelah melalui proses tersebut diatas dapat Anda nilai apakah ide Anda dalam bisnis tersebut adalah layak.

Pembangunan yang sebenarnya dari rencana Anda tergantung pada barang atau jasa yang Anda tawarkan, berapa banyak dana yang Anda butuhkan dan apa tujuan Anda.

Selain membantu Anda melacak ide-ide dan tujuan, menulis rencana bisnis juga dapat membantu Anda mendapatkan pendanaan. Jika Anda perlu mengambil pinjaman untuk mendapatkan bisnis Anda dari tanah, atau jika Anda akan mencari investor untuk membantu mendanai bisnis Anda, maka rencana bisnis yang terperinci adalah suatu keharusan.

Kreditur ingin melihat bagaimana dan kapan Anda akan dapat membayar mereka, dan investor juga akan ingin tahu kapan mereka dapat mengharapkan pengembalian atas investasi mereka.

Format rencana bisnis
Setiap rencana bisnis memerlukan bagian dasar tergantung dari bisnis yang Anda bidik, apa yang dilakukan dan bagaimana hal itu akan dijalankan. Inilah yang harus dipertimbangkan ketika berpikir tentang rencana Anda:

Ringkasan bisnis plan. Hal ini biasanya bagian pertama dari rencana bisnis. Ini memberi pembaca gambaran kental apa bisnis Anda adalah semua tentang dan bagaimana Anda berniat untuk mencapai tujuan Anda. Meskipun ringkasan eksekutif mungkin menjadi bagian paling penting dari rencana bisnis.

Deskripsi Perusahaan. Pikirkan bagian ini sebagai perkenalan dari profile perusahaan. Anda ingin benar-benar menjelaskan tujuan bisnis Anda dan bagaimana Anda akan memenuhi kebutuhan pasar Anda. Deskripsi prusahaan Anda yang menjelaskan keuntungan kompetitif yang Anda percaya akan membuat bisnis Anda sukses.

Analisis Pasar. Ini sesi dimana Anda menjelaskan riset pasar Anda untuk pembaca, termasuk target pasar yang spesifik dan mengapa segmen pasar ini akan tertarik pada produk Anda.

Organisasi dan manajemen. Bagian organisasi dan manajemen memberitahu pembaca Anda tentang struktur bisnis Anda dan job desk dari tim Anda serta tanggung jawab masing-masing bagian.

Layanan atau lini produk. Bagian ini mencakup deskripsi dari produk atau jasa yang perusahaan Anda hasilkan.

Pemasaran dan penjualan. Bagian pemasaran dan penjualan mencakup informasi tentang penetrasi pasar dan strategi pertumbuhan untuk bisnis Anda, serta informasi tentang strategi penjualan dan kegiatannya.

Proyeksi keuangan. Bagian ini menguraikan apa yang bisnis Anda akan capai di bidang finansial selama tiga sampai lima tahun ke depan. Calon investor, kreditur dan mitra bisnis dapat meminta ini sehingga mereka tahu telah membuat investasi yang baik dengan bisnis Anda.

Permintaan dana. Jika Anda berencana untuk meminta pinjaman atau bantuan keuangan lainnya, maka Anda harus menyertakan permintaan pendanaan resmi sebagai bagian dari rencana bisnis Anda. Bagian ini mencakup spesifik tentang berapa banyak uang yang Anda butuhkan sekarang dan berapa banyak yang akan Anda butuhkan di masa depan.

Perlu diingat bahwa sementara bagian yang tercantum di atas adalah elemen konvensional rencana bisnis, rencana Anda harus mencerminkan jenis bisnis yang Anda ingin memulai.
Labels: pedoman usaha

Thanks for reading Membuat Rencana Bisnis. Please share...!

0 Comment for "Membuat Rencana Bisnis"

Back To Top