![]() |
Ilustrasi: dewadesign.com |
Bagian yang seringkali terabaikan oleh seorang
pengusaha adalah rencana pemasaran. Dimana biasanya pemasaran ini tidak
dimunculkan sebagai draft bagian atas dari daftar rencana yang harus dilakukan.
Sementara rencana bisnis membantu memetakan arah untuk
perusahaan Anda, rencana pemasaran membantu perusahaan Anda memahami bagaimana
untuk sampai ke sana dengan merinci langkah-langkah penting di jalankan untuk
menciptakan hubungan pelanggan.
Hal yang paling penting untuk bisnis kecil masukkan
dalam rencana pemasaran adalah pemahaman yang sangat jelas dari pelanggan dan
pesaingnya. Meskipun rencana pemasaran dapat formal atau informal, minimal itu
menggambarkan siapa pelanggan Anda, di mana mereka mendapatkan informasi, dan
bagaimana Anda akan menjangkau mereka.
Dalam pengembangannya rencana pemasaran memerlukan
empat tugas-tugas tertentu:
Mengembangkan wawasan yang sangat jelas dan terfokus,
alasan pelanggan potensial akan menggunakan bisnis Anda. Lebih khusus, apa
kebutuhan inti yang produk atau jasa Anda akan penuhi? Apakah itu untuk
membantu pelanggan Anda melewati hari dengan lebih mudah?
Melakukan pekerjaan mereka lebih efisien? Penawaran
Anda harus dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan lebih baik dari
kompetisi.
Mengidentifikasi target
pelanggan Anda. Ada banyak pelanggan potensial di sebagian besar pasar, tetapi untuk berhasil lebih cepat dan lebih
baik, usaha kecil harus mempelajari pasar
dalam menentukan karakteristik target pelanggan terbaik.
Target pelanggan harus dijelaskan secara rinci. Dengan
demikian, bisnis juga mengembangkan gambaran yang lebih jelas dari pendapatan
penjualan yang diharapkan dan keuangan.
Mengidentifikasi pesaing yang juga ingin target
pelanggan Anda. Selalu ada pesaing - tidak pernah membuat kesalahan dengan
menganggap tidak ada. Usaha kecil jarang meluangkan waktu untuk mempelajari
pesaing mereka secara mendalam. Tapi Anda harus memahami siapa pesaing Anda,
apa keunggulan kompetitif inti mereka dan bagaimana mereka akan menanggapi
penawaran Anda (potongan harga, meningkatnya komunikasi, dll).
Menuliskan pernyataan brand-positioning Anda untuk
target pelanggan Anda. Pada akhirnya, merek
Anda dan apa yang melambangkan bagi pelanggan akan keunggulan kompetitif terkuat
Anda.
Anda harus bisa menuliskan kalimat deklaratif
sederhana bagaimana Anda akan memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengalahkan
kompetisi. Laporan posisi terbaik adalah mereka yang single-minded dan fokus
pada kebutuhan pelanggan.
Sementara langkah-langkah ini adalah titik awal yang
baik, perusahaan juga perlu untuk memasukkan beberapa saluran ke dalam rencana
pemasaran mereka. Beberapa saluran yang paling populer untuk bisnis saat ini
meliputi:
Pemasaran media sosial Media sosial. Telah menjadi
bagian penting dari rencana pemasaran bisnis . Bisnis yang belum menyadari
peluang yang ada dalam Facebook, Twitter, Google+,
LinkedIn dan jaringan lain, mereka akan
kehilangan momentum.
Meskipun konsep pemasaran media sosial dapat
membanjiri pemilik usaha kecil tertentu, proses tidak perlu menjadi tantangan,
karena layanan lebih dan perusahaan yang bermunculan lebih banyak dan lebih
sering.
Mediasosial dan internet kini menjadi sebuah kebutuhan
bukan lagi sekedar hiburan. Jangkauan dari internet yang tak mengenal ruang dan
waktu sangat efektif sebagai tempat dalam menyampaikan informasi tentang bisnis
Anda, strategi ini terbukti ampuh di era teknologi saat ini.
Email pemasaran. Meskipun
pemasaran melalui email mungkin tidak seperti baru dari konsep pemasaran media
sosial, itu adalah pilihan yang efektif dan populer untuk banyak pemilik usaha
kecil. Perusahaan dapat menerapkan teknik email marketing dalam berbagai cara, termasuk
newsletter, kampanye promosi dan email transaksional.
Pemasaran Melalui Samartphone. Popularitas
smartphone dan tablet telah membantu mengubah cara perusahaan menargetkan
pelanggan mereka. Akibatnya, perusahaan mencari untuk menerapkan strategi yang
menjangkau pelanggan pada perangkat mereka.
Pemasaran melalui media ini tidak
harus dianggap perpanjangan email belaka atau pemasaran online.
Karena banyak konsumen memiliki perangkat mobile yang
setiap saat ada dalam genggamannya, sebuah teks promo akan mendorong
pemberitahuan dan hal ini dapat lebih efektif dan efisien dikarenakan langsung
mengarah pada end user.
Untuk mengoptimalkan kehadiran pemasaran mobile Anda,
hati-hati mempertimbangkan bagaimana dan kapan Anda menjangkau pelanggan Anda.
Peka terhadap kapan dan mengapa mereka menggunakan ponsel mereka, dan
menawarkan mereka informasi yang berkaitan dengan situasi mereka.
Langkah selanjutnya
Setelah strategi diidentifikasi untuk setiap saluran,
Anda perlu mencari tahu strategi Anda. Berapa banyak Anda bersedia untuk
menghabiskan di setiap saluran?
Hasil apa yang Anda harapkan untuk melihat?
Tugas apa yang harus Anda capai untuk setiap langkah
dalam proses Anda?
Membuat daftar yang didefinisikan dengan baik, dengan
personil yang tepat yang ditugaskan untuk setiap, dapat membantu membuat
rencana pemasaran Anda menjadi kenyataan.
Hal ini juga penting untuk memutuskan terlebih dahulu
bagaimana Anda akan mengukur keberhasilan.
Apakah Anda berharap untuk melihat peningkatan
penjualan atau lalu lintas, atau kontak klien baru?
Set enam bulan untuk setiap saluran, dan membandingkan
hasilnya terhadap upaya sebelum dan sesudah adanya program dari strategi
pemasaran Anda. Jika saluran adalah
berkinerja buruk, memeriksa konsekuensi untuk meninggalkannya dan untuk
menambahkan lebih banyak sumber daya.
Meminta pelanggan Anda untuk menyelesaikan survei
email tentang kebiasaan sosial media mereka dalam pertukaran untuk kupon atau
diskon dapat membantu Anda belajar berhubungan secara emosional dengan
pelanggan dalam upaya pemasaran Anda. (AR. Rahadian)
Labels:
pedoman usaha
Thanks for reading RENCANA PEMASARAN SEDERHANA. Please share...!
0 Comment for "RENCANA PEMASARAN SEDERHANA"