CHAQIAL

Kumpulan Tulisan Ringan, Sahabat Saat Santai

Bagaimana Pemasaran Internet Mempengaruhi Elastisitas Harga

Jakarta - Chaqial. Elastisitas harga, disebut juga elastisitas harga permintaan, adalah ukuran seberapa banyak permintaan konsumen akan perubahan produk sebagai respons terhadap perubahan harga.


Jika kuantitas yang konsumen order banyak berubah sebagai respons terhadap perubahan harga, maka elastisitas harga sangat tinggi. Mengetahui bagaimana permintaan konsumen terkait dengan penetapan harga merupakan bagian terpenting dari bisnis apa pun. Dalam dunia bisnis saat ini, penting bagi Anda untuk memahami bagaimana pemasaran Internet dapat mempengaruhi elastisitas harga.


Beberapa Riset Study
Salah satu hasil utama pemasaran Internet adalah dengan membuat sejumlah besar konsumen menyadari berbagai pilihan harga. Pemasaran internet membuat perbandingan belanja sangat mudah. Ini telah menghasilkan peningkatan elastisitas harga yang besar untuk rokok, menurut sebuah studi oleh Stanford Institute for Economic Policy Research. Pemasaran internet dapat dengan jelas membuat permintaan untuk beberapa produk lebih sensitif terhadap fluktuasi harga. Sebuah studi serupa yang dilakukan di University of Minnesota menemukan bahwa hal yang sama berlaku untuk harga tiket pesawat.

Secara umum
Produk yang berbeda memiliki tingkat elastisitas harga yang berbeda, secara umum. Misalnya barang mewah seperti liburan cenderung memiliki elastisitas harga tinggi. Sebuah lompatan besar dalam biaya tiket pesawat menyebabkan lebih banyak orang berlibur di rumah, di mana mereka tidak perlu membelinya.


Lonjakan harga rokok yang besar tidak cenderung menyebabkan perubahan permintaan yang besar dari orang-orang yang menganggap rokok sebagai kebutuhan. Meskipun ada perbedaan elastisitas harga dari berbagai jenis produk, pemasaran Internet dapat ditunjukkan untuk meningkatkan elastisitas harga secara keseluruhan.


Pertimbangkan dua kelompok dengan tingkat elastisitas harga yang berbeda: tiket penerbangan dan rokok. Sebuah studi oleh Pepperdine University telah menunjukkan bahwa pemasaran Internet meningkatkan elastisitas harga di kedua tiket pesawat dan rokok.


Tetapkan Harga Relatif
Jika bisnis Anda berada di area yang memiliki kehadiran Internet yang signifikan, maka diharapkan permintaan konsumen sangat sensitif terhadap penetapan harga. Dalam hal ini, paling bijak menetapkan harga yang relatif rendah untuk meningkatkan permintaan terhadap produk atau layanan Anda.


Transparansi Produk
Namun, Anda bisa lolos dengan harga sedikit lebih tinggi jika Anda meningkatkan transparansi produk Anda. Studi di University of Minnesota juga menemukan bahwa peningkatan tingkat transparansi produk meningkatkan kemauan konsumen untuk membayar.


Dengan kata lain, memiliki lebih banyak rincian tentang apa yang produk atau layanan Anda melibatkan - dan memiliki lebih sedikit kejutan - akan membuat pelanggan lebih bersedia mengeluarkan sedikit tambahan untuk produk atau layanan Anda.

Sumber: entrepreneur.com
Labels: pedoman usaha

Thanks for reading Bagaimana Pemasaran Internet Mempengaruhi Elastisitas Harga. Please share...!

0 Comment for "Bagaimana Pemasaran Internet Mempengaruhi Elastisitas Harga"

Back To Top