CHAQIAL

Kumpulan Tulisan Ringan, Sahabat Saat Santai

Jangan Lewatkan Sarapan Pagi

Jakarta - Chaqial. Semasa kecil biasanya sebelum berangkat ke sekolah, ibu telah menyiapkan sarapan pagi di meja makan. Namun, kebiasaan semasa kecil itu lambat laun menjadi jarang dilakukan. Alasan utamanya sibuk tidak ada lagi waktu.

Banyak dalih yang dikemukakan untuk menyanggah "keengganan" untuk sarapan pagi. Pasti jawabannya pun enteng, 'gampang nanti siang juga makan'. Dengan makan siang besar gak ada masalah, kekosongan perut dapat dibatasi.

Nah, ternyata bukan itu masalahnya. Sebenarnya, melewatkan sarapan bisa menyebabkan lebih dari sekedar kelaparan. Menurut sebuah penelitian, pria yang melewatkan sarapan meningkatkan risiko serangan jantung hingga hampir 30% . Dan wanita yang melewatkan makan pertama mereka akan menempatkan diri mereka pada risiko terkena diabetes tipe 2 sekitar 54%.

Mengapa Anda perlu makan sarapan pagi?
Meski tergoda untuk melewatkan sarapan pagi karena kekurangan waktu, selera makan atau pilihan, melewatkan sarapan justru bisa mengakibatkan kenaikan berat badan. Melewatkan sarapan membuat tubuh Anda panik dan mendambakan makanan bergula dan berlemak untuk mengimbangi kekurangan nutrisi.Karena itu, saat Anda makan, Anda mungkin tidak menyukai salad yang dilapisi sayuran. Karena tingkat kelaparan Anda begitu tinggi, Anda akan cenderung makan banyak, dan tidak ada yang akan sangat sehat.

Sebuah studi menemukan bahwa pria yang senantiasa sarapan pagi akan memiliki mood lebih positif daripada mereka yang melewatkan. Saat Anda melewatkan makanan terpenting pada hari itu, gula darah Anda turun tiba-tiba yang bisa menyebabkan iritabilitas, kelelahan dan bahkan sakit kepala. Dan jika Anda duduk di sekolah atau bekerja dengan sakit kepala dan perut kosong, tidak butuh waktu lama sebelum Anda membenci dunia. Makan secara teratur membantu mendukung sikap yang baik. 

Melewatkan sarapan mungkin tidak terasa seperti masalah besar. Lagi pula, Anda makan malam. Tapi saat Anda tidur, tubuh Anda masuk ke mode puasa. Karena itu, saat Anda bangun, Anda perlu mengatur ulang metabolisme dan hormon Anda dengan makan makanan sehat. Puasa yang berkepanjangan, seperti yang dilakukan saat tidur, menyebabkan peningkatan tekanan darah dan kolesterol. Hal ini menurunkan konsentrasi kolesterol HDL. Apa arti semua istilah medis ini? Ini berarti Anda mempersiapkan diri untuk penyakit jantung. Jika Anda secara teratur melewatkan sarapan pagi, itu sangat menyulitkan tubuh Anda sehingga dapat menyebabkan resistensi insulin, hiperkolesterolemia dan masalah tekanan darah. Dan semua ini mengarah kembali, Anda bisa menebaknya, penyakit jantung.

Sumber : Lifehack

Labels: kesehatan

Thanks for reading Jangan Lewatkan Sarapan Pagi. Please share...!

0 Comment for "Jangan Lewatkan Sarapan Pagi"

Back To Top