![]() |
Ilustrasi:iniseksrayu.blogspot.com |
Mencoba
untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang berbeda jarang efektif. Memisahkan
pelanggan Anda ke dalam kelompok yang berbeda dari orang yang sama akan
memungkinkan Anda untuk memasarkan produk atau jasa khusus untuk orang-orang
yang akan menguntungkan untuk Anda.
Mengidentifikasi
target pasar Anda
Mulai
untuk mengidentifikasi segmen yang berbeda antara pelanggan yang ada
dengan mencari kelompok yang memiliki karakteristik serupa. Konsumen
sering tersegmentasi oleh usia, jenis kelamin atau pendapatan.
Pelanggan
bisnis dapat dipecah menjadi industri yang berbeda atau dengan
ukuran. Dalam prakteknya, lokasi seringkali merupakan faktor kunci, apakah
Anda menargetkan pelanggan lokal atau mencari peluang ekspor.
Segmentasi
pasar Anda harus memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi kesamaan antara
kelompok pelanggan yang berbeda. Anda akan dapat lebih jelas memahami apa
aspek tawaran banding untuk masing-masing kelompok dan menyesuaikan produk atau
jasa untuk lebih dekat dengan kebutuhan mereka.
Ini
mungkin berarti Anda memodifikasi produk - atau bekerja pada pengiriman,
pelayanan, keandalan atau kebutuhan lain yang penting untuk segmen
pasar. Ini juga bisa berarti menyesuaikan cara Anda memasarkan penawaran
Anda - sehingga Anda mengubah kebijakan harga atau menggunakan saluran
distribusi yang menjangkau target pelanggan Anda lebih efektif. Anda juga
harus menyesuaikan pesan promosi Anda ke segmen pelanggan yang berbeda.
Menemukan dan
mengevaluasi pelanggan
Pengetahuan
adalah segalanya ketika datang untuk mengidentifikasi mana kelompok pelanggan
yang harus Anda targetkan. Riset pasar akan membantu Anda memahami
lebih lanjut tentang kebutuhan, selera dan kebiasaan belanja dari berbagai
kelompok pelanggan potensial.
Ini
harus memberitahu Anda tentang segmen pelanggan yang paling mungkin untuk
membeli produk yang Anda tawarkan dan jenis aktivitas pemasaran serta penjualan
dimana mereka akan menanggapi.
Sebuah
analisis SWOT akan membantu Anda menilai kekuatan dan kelemahan Anda
sebagai sebuah bisnis dan menemukan peluang dan ancaman yang ada di pasar.
Ini
akan membantu Anda mengevaluasi apakah Anda berada dalam posisi untuk
melaksanakan pemasaran yang kuat dan kampanye penjualan dengan kelompok sasaran
pelanggan Anda. Secara signifikan, itu juga akan memungkinkan Anda untuk
melihat bagaimana Anda mengukur kompetitor.
Memahami
akan pesaing Anda adalah sangat penting. Bagaimana mereka bekerja dengan
kelompok sasaran?
Akan
Anda lakukan lebih baik atau lebih buruk?
Mana
kesenjangan - dalam penawaran mereka dan dalam pemasaran mereka?
Apakah
kelompok pelanggan diabaikan oleh saingan?
Kombinasi
dari riset pasar, analisis SWOT dan benchmarking harus memberikan
gambaran rinci dari pasar dan potensi Anda sendiri. Hal ini pada gilirannya
akan memberitahubagimana dan di mana Anda harus mengarahkan kegiatan pemasaran.
Labels:
pedoman usaha
Thanks for reading Tentukan Target Bisnis Anda. Please share...!
0 Comment for "Tentukan Target Bisnis Anda"