![]() |
Ilustrasi:rektorriset.com |
Riset
pasar merupakan gambaran yang jelas tentang jenis
produk dan layanan baru yang dapat membawa keuntungan. Untuk produk dan jasa yang
sudah tersedia, riset pasar dapat memberitahu perusahaan apakah mereka memenuhi
kebutuhan dan harapan pelanggan mereka.
Dengan meneliti jawaban atas pertanyaan-pertanyaan khusus, pemilik
usaha kecil dapat mengetahui apakah mereka perlu mengubah desain paket atau
metode pengiriman mereka - dan bahkan apakah mereka harus mempertimbangkan
untuk menawarkan layanan tambahan.
Kegagalan untuk melakukan riset pasar sebelum Anda memulai usaha atau
selama operasi adalah seperti mengemudi mobil ke satu tujuan tanpa peta dan
rambu-rambu arahan, bagaimana Anda akan tiba di tujuan?.
Untuk sebuah perusahaan membuat riset pasar sebagai
fasilitator perubahan, itu harus bersedia untuk mengambil pendekatan yang
membuat dampak paling besar pada organisasi.Pendekatan itu adalah kunci dalam
membuat perbedaan menggunakan riset
pasar.
Anne
E. Beall, PhD, menulis dalam bukunya. Strategis
Market Research memberikan contoh kehidupan nyata yang menggambarkan penerapan
konsep-konsep ini dalam berbagai skenario, termasuk bisnis dan organisasi
non-profit. Menerapkan pendekatan
strategis dari awal sampai akhir proyek memberikan informasi yang mempromosikan
perubahan.
Ketika
Anda melakukan riset pasar, Anda dapat menggunakan hasil yang baik dalam membuat rencana bisnis dan pemasaran
atau untuk mengukur keberhasilan rencana
Anda saat ini.
Itulah
mengapa penting untuk mengajukan pertanyaan yang tepat, dengan cara yang benar,
dari orang yang tepat. Penelitian, yang
dilakukan buruk, dapat mengarahkan bisnis ke arah yang salah.
Berikut
adalah beberapa dasar riset pasar yang dapat membantu Anda untuk memulai dan
beberapa kesalahan untuk Anda hindari.
Jenis Penelitian Pasar
Penelitian Primer: Tujuan dari penelitian utama adalah untuk mengumpulkan data dari analisis penjualan saat ini dan efektivitas praktek. Penelitian utama juga mengambil rencana pesaing ke dalam riset, hal ini dapat memberikan kepada Anda informasi tentang pesaing Anda.
Penelitian Primer: Tujuan dari penelitian utama adalah untuk mengumpulkan data dari analisis penjualan saat ini dan efektivitas praktek. Penelitian utama juga mengambil rencana pesaing ke dalam riset, hal ini dapat memberikan kepada Anda informasi tentang pesaing Anda.
Mengumpulkan penelitian
utama mencakup:
·
Wawancara (baik melalui telepon
atau tatap muka)
·
Survei (online atau melalui pos)
·
Kuesioner (online atau melalui
pos)
·
Kelompok fokus mengumpulkan
contoh dari klien potensial atau pelanggan dan mendapatkan umpan balik langsung
mereka.
Beberapa pertanyaan
penting yang harus tercakup pada kuisioner:
·
Faktor-faktor apa yang Anda
pertimbangkan ketika membeli produk atau jasa?
·
Apa yang Anda suka atau tidak
suka tentang produk atau jasa saat ini saat ini di pasar?
·
Bidang apa yang akan Anda
sarankan untuk perbaikan?
·
Berapa harga yang tepat untuk
produk atau jasa?
Penelitian sekunder : Tujuan dari penelitian sekunder adalah untuk menganalisis data
yang telah diterbitkan. Dengan
data sekunder, Anda dapat mengidentifikasi pesaing, membangun tolok ukur dan
mengidentifikasi target segmen.
Segmen Anda adalah
orang-orang yang masuk ke dalam target demografis -. Orang-orang yang menjalani
gaya hidup tertentu, menunjukkan pola perilaku tertentu atau jatuh ke dalam
kelompok usia yang telah ditentukan
Pengumpulan Data, bagi bisnis kecil tidak dapat berhasil tanpa memahami pelanggan, produk
dan jasa, dan pasar pada umumnya. Kompetisi
sering sengit, dan beroperasi tanpa melakukan penelitian dapat memberikan
pesaing Anda keuntungan lebih dari Anda. Ada
dua kategori dari pengumpulan data: kuantitatif dan kualitatif.
Metode kuantitatif menggunakan analisismatematika dan membutuhkan ukuran
sampel yang besar. Hasil data ini
menjelaskan perbedaan yang signifikan secara statistik. Satu tempat untuk menemukan hasil
kuantitatif jika Anda memiliki sebuah situs web, Anda dapat melihatnya diGoogle Analityc. Informasi ini dapat membantu Anda menentukan banyak hal, seperti
di mana lead Anda berasal, bagaimana pengunjung lama tinggal di situs Anda dan
dari mana mereka keluar.
Metode kualitatif membantu Anda mengembangkan dan menyempurnakan metode penelitian
kuantitatif Anda. Mereka dapat
membantu pemilik usaha mendefinisikan masalah dan sering menggunakan metode
wawancara untuk belajar tentang opini, nilai-nilai dan keyakinan pelanggan. Dengan penelitiankualitatif, ukuran sampel biasanya kecil.
Banyak pemilik bisnis
baru, sering kekurangan waktu dan uang, mungkin mengambil jalan pintas yang
nantinya bisa menjadi bumerang. Berikut
adalah tiga hal bagi Anda untuk menghindari kegagalan.
Kesalahan Umum Pemasaran
1. Hanya menggunakan penelitian sekunder. Mengandalkan karya yang diterbitkan dari orang lain tidak
memberikan gambaran lengkap. Hal
ini dapat menjadi tempat yang bagus untuk memulai, tentu saja, tapi informasi
yang Anda dapatkan dari penelitian sekunder dapat menjadi telah usang. Anda akan kehilangan faktor-faktor
lain yang relevan dengan bisnis Anda.
2. Menggunakan sumber daya hanya melalui web. Ketika Anda menggunakan mesin pencari umum untuk mengumpulkan
informasi, Anda hanya mendapatkan data yang tersedia untuk semua orang dan itu
mungkin tidak sepenuhnya akurat.Untuk melakukan pencarian lebih tentunya sangat
tergantung pada anggaran yang Anda miliki, namun Anda pun dapat menggunakan
sumber daya di perpustakaan setempat, pusat statistik, kampus atau pusatbisnis kecil.
Labels:
pedoman usaha
Thanks for reading Riset Pasar sederhana. Please share...!
0 Comment for "Riset Pasar sederhana"