CHAQIAL

Kumpulan Tulisan Ringan, Sahabat Saat Santai

Kuasai Produk dan Testimoni Kunci Keberhasilan

Pengalaman banyak pelaku usaha yang meraup untung dari bisnis kecantikan dan perawatan melalui media online memang tampak menggiurkan. Namun ternyata, untuk bisa merasakan kesuksesan seperti yang mereka alami membutuhkan kerja keras dan strategi. Untuk memulai bisnis produk kecantikan dan perawatan secara online tentu harus memiliki keahlian di bidang komputer yang terkoneksi dengan internet. Selain itu Anda harus tahu mengenai produk-produk yang akan Anda jual.

Paling tidak Anda harus tahu fungsi atau kegunaan kosmetik yang Anda jual. Sebab sebagai penjual kosmetik, Anda akan kebanjiran pertanyaan seputar produk dari calon pembeli.Anda juga harus memiliki kemampuan berbahasa iklan yang baik. Sebab, dengan mengandalkan berjualan di media online sangat mengandalkan foto dan bahasa iklan yang mudah diterima calon pembeli.

Bahasa iklan di media sosial itu harus singkat, tidak bertele-tele tetapi mampu memberi penjelasan yang mencakup segala informasi, dan menarik tentunya. "Adanya pengetahuan akan produk maka akan mudah pula kita untuk memilih kata-kata yang menarik untuk calon pembeli," ujar Irene Ursula, pemilik BeautyHaulindo.com.

Karena bisnis ini berbasis online, tentu Anda harus menguasai aplikasi atau software untuk memberikan kesan menarik pada dinding toko Anda. Pastikan juga Anda mendapatkan produk yang aman untuk dipakai.
"Harus yakin kalau produk kecantikan dan perawatan yang akan dijual itu tidak ada efeknya. Itu hal pokok yang selalu menjadi perhatian," kata Anasti Eldaresa Sembiring yang membuka toko online kosmetik melalui akun intagram @favorshop_tahun 2013. 

Elda sendiri menjadikan dirinya sebagai kelinci percobaan untuk semua produk miliknya. Jika ada salah satu produk yang tidak memiliki efek bagi penggunannya, produk tersebut tidak akan ia jual.

Kebetulan Elda mengkhususkan diri berjualan enam produk kecantikan dan perawatan wanita. Produk yang ia jual berupa lulur, jamu gurah, pemutih lipatan, detoks, sugarwax, hingga pembesar payudara wanita.

Menurut Elda, menjual produk yang jumlahnya sedikit namun fokus, lebih efektif daripada menjual banyak produk sekaligus. Kelebihan dari menjual produk yang terbatas adalah penjual mampu mengetahui secara detail informasi terkait produk yang ditawarkan.

Jadi, ketika ada pertanyaan yang terlontar dari calon pembeli, si penjual dapat menjawab dengan jelas. Itu akan menambah keyakinan calon pembeli.

Untuk mendapatkan produsen atau distributor produk kosmetik Anda bisa berselancar di internet. Bila sudah mendapatkan barang yang cocok sebaiknya Anda menjalin kerjasama dengan distributor atau produsen tersebut demi menjamin ketersediaan produk.

Pastikan pula barang yang Anda jual itu asli, sebab zaman sudah canggih. Pembeli bisa cek untuk membandingkan antara yang asli dan palsu. Sekali Anda jual produk palsu risikonya besar untuk usaha Anda. "Ingat ini bisnis kepercayaan," ujar Dina Daniasri, pemilik Makeupuccino.com. 

Dina mengingatkan, penjual harus ekstra hati-hati dalam memilih produsen atau pemasok produk kecantikan dan perawatan. "Sebaiknya mengambil langsung dari produsen resmi agar resiko bisa diminimalisasi. Paling tidak, pembeli tidak dirugikan," jelas dia.

Minta testimoni
Bisnis ini memang terbilang susah-susah gampang. "Jangan terlalu mengejar untung karena tidak akan pernah ada habisnya. Kunci terpenting untuk mencapai sukses dalam bisnis ini adalah menjaga kepuasan konsumen," ujar Elda.

Ia optimistis, jika konsumen puas dengan produk yang ditawarkan, biasanya bisnis tersebut akan mendapatkan feedback positif dari para pembeli. Feedbackitu bisa berupa komentar positif terkait produk yang dijual.


Ini yang biasa pelaku bisnis online disebut dengan testimonium. Elda mengaku, bisnisnya menjadi sangat terbantu dengan adanya testimoni dari para pembelinya. 
Menurut pengalamannya, jika toko online berhasil menjaring memiliki testimonial positif dari para pembelinya, maka calon pembeli akan dengan sendirinya. Mereka yang sudah tertarik, akan semakin yakin untuk membeli produk yang ditawarkan.


Calon pembeli merasa lebih yakin karena ada orang lain yang telah lebih dulu mencoba atau membeli produk di online shop tersebut. 


Nah, untuk meyakinkan calon pembeli, gunakan strategi iklan endorse. Cara ini termasuk strategi pemasaran yang paling jitu di bisnis produk kecantikan.
Sekarang banyak artis yang membuka diri untuk menjadi pemberi endorsementproduk kecantikan.


Misalnya, Tantri Kotak, Gisel, Gracia Indri, Chika Jesica, dan masih banyak lagi. Mereka banyak yang mencantumkan nomor telepon seluler di instagram mereka yang khusus untuk layanan endorse.
Endorsement adalah cara iklan dengan meminta testimoni dari tokoh terkenal atau berpengaruh yang memiliki jumlah followers cukup banyak di media sosial.

Bagaimana caranya? Cukup meminta si artis untuk berfoto dengan produk yang Anda jual lalu tag foto tersebut ke akun Anda. Si artis biasanya mendapatkan produk Anda secara gratis.


Penjual kosmetik online sangat banyak di dunia maya. Produk yang dijual pun dari merek yang sama. Ketat persaingan ini tentu membutuhkan siasat dalam menjaring pembeli. Jangan segan untuk memberi promosi diskon berkala.(AR.Rahadian)
Labels: pedoman usaha

Thanks for reading Kuasai Produk dan Testimoni Kunci Keberhasilan. Please share...!

0 Comment for "Kuasai Produk dan Testimoni Kunci Keberhasilan"

Back To Top