Pengalaman banyak pelaku usaha
yang meraup untung dari bisnis kecantikan dan perawatan melalui
media online memang tampak menggiurkan. Namun ternyata, untuk
bisa merasakan kesuksesan seperti yang mereka alami membutuhkan kerja keras dan
strategi. Untuk memulai bisnis produk kecantikan dan perawatan secara online tentu harus memiliki keahlian di bidang
komputer yang terkoneksi dengan internet. Selain itu Anda harus tahu
mengenai produk-produk yang akan Anda jual.
Paling tidak Anda harus tahu fungsi atau kegunaan kosmetik yang Anda jual.
Sebab sebagai penjual kosmetik, Anda akan kebanjiran pertanyaan seputar produk
dari calon pembeli.Anda juga harus memiliki kemampuan berbahasa iklan yang
baik. Sebab, dengan mengandalkan berjualan di media online sangat mengandalkan foto dan bahasa iklan
yang mudah diterima calon pembeli.
Bahasa iklan di media sosial itu harus singkat, tidak bertele-tele tetapi
mampu memberi penjelasan yang mencakup segala informasi, dan menarik tentunya.
"Adanya pengetahuan akan produk maka akan mudah pula kita untuk memilih
kata-kata yang menarik untuk calon pembeli," ujar Irene Ursula,
pemilik BeautyHaulindo.com.
Karena bisnis ini berbasis online, tentu Anda harus menguasai aplikasi atau
software untuk memberikan kesan menarik pada dinding toko Anda. Pastikan juga
Anda mendapatkan produk yang aman untuk dipakai.
"Harus yakin kalau produk
kecantikan dan perawatan yang akan dijual itu tidak ada efeknya. Itu hal pokok
yang selalu menjadi perhatian," kata Anasti Eldaresa Sembiring
yang membuka toko online kosmetik
melalui akun intagram @favorshop_tahun 2013.
Elda sendiri menjadikan dirinya sebagai kelinci percobaan untuk semua
produk miliknya. Jika ada salah satu produk yang tidak memiliki efek bagi
penggunannya, produk tersebut tidak akan ia jual.
Kebetulan Elda mengkhususkan diri
berjualan enam produk kecantikan dan perawatan wanita. Produk yang ia jual
berupa lulur, jamu gurah, pemutih lipatan, detoks, sugarwax, hingga pembesar payudara wanita.
Menurut Elda, menjual produk yang jumlahnya sedikit namun fokus, lebih
efektif daripada menjual banyak produk sekaligus. Kelebihan dari menjual produk
yang terbatas adalah penjual mampu mengetahui secara detail informasi terkait
produk yang ditawarkan.
Jadi, ketika ada pertanyaan yang terlontar dari calon pembeli, si penjual
dapat menjawab dengan jelas. Itu akan menambah keyakinan calon pembeli.
Untuk mendapatkan produsen atau distributor produk kosmetik Anda bisa
berselancar di internet. Bila sudah mendapatkan barang yang cocok sebaiknya
Anda menjalin kerjasama dengan distributor atau produsen tersebut demi menjamin
ketersediaan produk.
Pastikan pula barang yang Anda jual itu asli, sebab zaman sudah canggih.
Pembeli bisa cek untuk membandingkan antara yang asli dan palsu. Sekali Anda
jual produk palsu risikonya besar untuk usaha Anda. "Ingat ini bisnis
kepercayaan," ujar Dina Daniasri, pemilik Makeupuccino.com.
Dina mengingatkan, penjual harus ekstra hati-hati dalam memilih produsen
atau pemasok produk kecantikan dan perawatan. "Sebaiknya mengambil
langsung dari produsen resmi agar resiko bisa diminimalisasi. Paling tidak,
pembeli tidak dirugikan," jelas dia.
Minta testimoni
Bisnis ini memang terbilang susah-susah gampang. "Jangan terlalu
mengejar untung karena tidak akan pernah ada habisnya. Kunci terpenting untuk
mencapai sukses dalam bisnis ini adalah menjaga kepuasan konsumen," ujar
Elda.
Ia optimistis, jika konsumen puas dengan
produk yang ditawarkan, biasanya bisnis tersebut akan mendapatkan feedback positif dari para pembeli. Feedbackitu bisa berupa komentar positif terkait produk
yang dijual.
Ini yang biasa pelaku bisnis online disebut dengan testimonium. Elda mengaku,
bisnisnya menjadi sangat terbantu dengan adanya testimoni dari para
pembelinya.
Menurut pengalamannya, jika toko online berhasil menjaring memiliki
testimonial positif dari para pembelinya, maka calon pembeli akan dengan
sendirinya. Mereka yang sudah tertarik, akan semakin yakin untuk membeli produk
yang ditawarkan.
Calon pembeli merasa lebih yakin karena
ada orang lain yang telah lebih dulu mencoba atau membeli produk di online shop tersebut.
Nah, untuk meyakinkan calon pembeli,
gunakan strategi iklan endorse. Cara ini
termasuk strategi pemasaran yang paling jitu di bisnis produk kecantikan.
Sekarang banyak artis yang membuka diri
untuk menjadi pemberi endorsementproduk
kecantikan.
Misalnya, Tantri Kotak, Gisel, Gracia
Indri, Chika Jesica, dan masih banyak lagi. Mereka banyak yang mencantumkan
nomor telepon seluler di instagram mereka yang khusus untuk layanan endorse.
Endorsement adalah cara iklan dengan meminta testimoni dari tokoh terkenal atau
berpengaruh yang memiliki jumlah followers cukup
banyak di media sosial.
Bagaimana caranya? Cukup meminta si artis untuk berfoto dengan produk yang
Anda jual lalu tag foto tersebut ke akun Anda. Si artis biasanya mendapatkan
produk Anda secara gratis.
Penjual kosmetik online sangat banyak di dunia maya. Produk yang dijual
pun dari merek yang sama. Ketat persaingan ini tentu membutuhkan siasat dalam
menjaring pembeli. Jangan segan untuk memberi promosi diskon berkala.(AR.Rahadian)
Labels:
pedoman usaha
Thanks for reading Kuasai Produk dan Testimoni Kunci Keberhasilan. Please share...!
0 Comment for "Kuasai Produk dan Testimoni Kunci Keberhasilan"