CHAQIAL

Kumpulan Tulisan Ringan, Sahabat Saat Santai

Bagaimana Membiaya Sebuah Usaha

sumber: google.com
Ada banyak cara yang berbeda untuk membiayai sebuah startup, Anda bisa menghemat uang Anda sendiri. Anda bisa meminjam uang dari keluarga dan teman-teman. Anda bahkan bisa menginvestasikan sejumlah dana dari rekening Anda. Tapi bagi banyak perusahaan, pilihan untuk mengambil pinjaman atau meningkatkan modal bermuara melalui investor.

Jalur keuangan yang Anda pilih akan mempengaruhi bagaimana Anda menjalankan bisnis, sehingga hal ini akan menjadi sebuah keputusan yang tidak ringan atau mudah. Pinjaman dan penggalangan dana keduanya memiliki sisi baik dan buruk, dan pilihan terbaik bagi Anda sangat bergantung pada jenis bisnis yang akan jalankan dan apa yang dibutuhkan dengan uang itu.

Bagaimana membuat pilihan yang tepat dalam menentukan metode pinjaman yang tepat untuk bisnis Anda? Apa keuntungan dan kerugian dari beberapa metode pinjaman dana?. Berikut beberapa saran dari beberapa ahli keuangan dan bisnis yang telah dirangkum di bawah ini.   

 

 

Pinjaman usaha

Pilihan: pinjaman bank, pinjaman alternatif

Keuntungan
Sebuah pinjaman adalah salah satu cara yang paling hemat biaya untuk mendanai bisnis Anda. Jika Anda mendapatkan pinjaman melalui bank untuk modal kerja sebuah usaha, biasanya Anda akan memiliki tingkat bunga yang lebih rendah dari pada pinjaman pribadi (kredit konsumtif). Mengambil pinjaman juga memberikan Anda kesempatan untuk membangun nilai kredit bisnis pada saat Anda membayar kembali pinjaman.

Kerugian
Jika Anda mencari untuk mendapatkan bank yang akan memberikan pijaman, proses aplikasinya akan memakan waktu yang lumayan panjang. Anda juga harus memenuhi daftar panjang prasyarat, yang sering kali berisi untuk bisnis yang sudah mapan, daripada usaha baru. Meskipun pemberi pinjaman alternatif sering memiliki lebih cepat proses persetujuan dalam pendanaan, mereka juga biasanya mengenakan tingkat bunga yang tinggi. Untuk itu pinjaman alternatif dapat membantu dalam keadaan darurat, tetapi tidak untuk menjadi strategi jangka panjang yang baik karena tingkat bunga yang lebih tinggi.


Penggalangan Dana

Pilihan: Modal Investor

Keuntungan
Menemukan seorang investor bisa menjadi langkah strategis yang lebih baik untuk membantu Anda mengembangkan bisnis.  Namun, investor sering membawa lebih banyak persyaratan bukan hanya sekedar modal; mereka mungkin memiliki hubungan bisnis, kemampuan manufaktur, keahlian distribusi, dan lain-lain yang Anda tidak memiliki akses untuk hal itu. Anda juga akan cenderung dapat menerima jumlah yang jauh lebih besar dana dari investor ventura kapitalis, jika itu yang kebutuhan bisnis Anda perlukan.

Jika Anda akan memilih jlan melalui crowdfunding, hambatan masuk jauh lebih rendah daripada melalui pinjaman konvensional, proses pemeriksaan kredit dan aplikasi tidak membutuhkan waktu yang panjang dan melelahkan Anda. Beberapa crownfunding dapat Anda jumpai di website resmi mereka seperti Kickstarter dan Indiegogo sebagai lawan investor ekuitas terakreditiasi, siapa pun dapat memulai kampanye crowdfunding hanya dengan beberapa klik. Ini juga merupakan pilihan cerdas jika Anda perlu untuk mengumpulkan jumlah yang lebih kecil dari uang; baik pemberi pinjaman bisnis dan investor cenderung untuk menangani dalam jumlah besar modal.
Akhirnya, penggalangan dana bekerja untuk bisnis pada setiap tahap. Sementara itu, "waktu dalam bisnis" persyaratan untuk sebagian besar pemberi pinjaman mengecualikan startups baru yang perlu untuk mengumpulkan dana untuk memulai bisnis. 

Kerugian
Salah satu kelemahan terbesar untuk penggalangan dana ekuitas harus menyerahkan bagian dari kepemilikan perusahaan. Investor kemungkinan akan mengambil bagian yang lebih besar dari keuntungan Anda di setiap pembayaran pinjaman, dan mereka sering meminta kekuasaan pengambilan keputusan dalam bisnis Anda sebagai bagian dari kepemilikan saham mereka.
Sementara pendukung crowdfunding konsumen mungkin tidak menuntut ekuitas, platform ini biasanya memiliki tingkat keberhasilan yang rendah, dan kampanye mengambil banyak waktu dan energi untuk mendapatkan dana.

 

Saran pembiayaan bisnis

Secara objektif, pinjaman dana akan lebih baik atau lebih buruk daripadamodal sendiri. Namun, penting bahwa Anda mempertimbangkan semua faktor yang terlibat dan mengetahui dengan benar akan kebutuhan bisnis Anda sebelum membuat keputusan akhir.


Mencari tahu mana yang tepat dan benar untuk bisnis Anda sendiri, bukan hanya sekedar mencari pinjaman, atau untuk crowdfunding hanya karena setiap pengusaha lain yang Anda ketahui juga melakukannya. Pemilik bisnis harus meneliti setiap opsi secara menyeluruh dan menilai mana yang memberikan kesempatan terbaik untuk sukses. Sangat penting untuk meletakan rencana satu, dua dan lima tahun kedepan untuk bisnis Anda dan memahami vsii dan tujuan Anda. Setelah Anda memutuskan hal yang spesifik, Anda dapat mengetahui mana strategi keuangan yang akan membantu Anda mencapai visi Anda.
Terlepas dari pilihan pendanaan yang Anda pilih, berikut adalah beberapa tips cerdas untuk membantu Anda dalam menjaga seluruh proses keuangan bisnis Anda.

Punya rencana bisnis yang up-to-date.  Apakah Anda sedang pergi ke bank atau mendatangi investor, orang yang akan memberikan uang kepada Anda akan meminta untuk melihat rencana bisnis Anda. Orang ini perlu memahami bagaimana bisnis Anda sebelum dia bisa memutuskan apakah itu adalah investasi berharga. Sebuah rencana bisnis adalah penting untuk memperoleh pendanaan, hal ini harus menunjukkan pengetahuan tentang pasar bisnis, basis pelanggan, dan menunjukkan track record yang layak.

Sempurnakan langkah bisnis Anda.  Selain rencana bisnis, Anda akan perlu mempersiapkan lapangan untuk calon pemberi pinjaman atau investor. Sangat disarankan untuk membuatnya sederhana, singkat dan mudah dipahami. Jika investor atau pemberi pinjaman tidak mengerti atau tidak tertarik pada apa yang Anda lakukan, tentunya apa yang Anda harapkan akan menjadi jauh.

Memahami istilah-istilah.  Setiap kesepakatan pembiayaan bisnis dilengkapi dengan dokumen dalam bentuk tertulis, sebelum Anda menyetujui apa pun, Anda perlu memastikan bahwa Anda memahami apa yang Anda hadapi. Dengan investor, memperjelas pengaturan ekuitas dan waktu seberapa cepat mereka akan melihat keuntungan. Dengan pinjaman, bertanya tentang rincian pembayaran, serta hala-hal yang terkait dengan pinjaman itu sendiri secara detail.


Jangan menyerah.  Ini sangat sulit untuk mendapatkan pendanaan untuk bisnis baru, jadi jika Anda mendapatkan penolakan, jangan terlalu berkecil hati. Ada pilihan lain di luar sana, dan bahkan jika rencana awal Anda tidak berhasil, Anda dapat selalu mencoba jalan lain. Terus memperbaiki kinerja dan rencana bisnis Anda, pada akhirnya Anda akan menemukan pilihan yang tepat. (AR. Rahadian)
Labels: pedoman usaha

Thanks for reading Bagaimana Membiaya Sebuah Usaha. Please share...!

0 Comment for "Bagaimana Membiaya Sebuah Usaha"

Back To Top