Anda pernah menghindari
pemasaran dimedia sosial?
Sebagai pelaku usaha kecil, Anda mungkin berpikir Anda
memiliki waktu yang sangat sibuk untuk menangani pengelolaan uang dan lainya, belum lagi kelelahan dan
stres mempekerjakan dan mempertahankan orang yang tepat.
Jadi aktif dalam pemasaran
media sosial mungkin menjadi hal terakhir di pikiran Anda. Jika bisnis Anda di bidang non-teknis,
Anda mungkin juga akan berpikir bahwa keterlibatan dalam pemasaran media sosial
membutuhkan waktu untuk belajar . Jika
hal ini menggambarkan Anda, pikirkan lagi.
Sebuah rilis yang
dikeluarkan oleh we are sosial, menyatakan bahwa pengguna internet di dunia
pada tahun 2015 telah mencapai 3,17 miliar, sangat fantastis! Setengah dunia kini
terhubung melalui internet. Indonesia sendiri menduduki urutan ke-6 dunia
dalam jumlah pengguna internet aktif, jumlah pengguna internet di Indonesia
sekitar 87 juta lebih hampir mendekati setengah populasi rakyat Indonesia.
Dalam dunia yang
semakin saling berhubungan, kecenderungan ini berarti Anda tidak bisa lagi
mengabaikan sosial media. Sebuah survei di
Inggris menunjukkan bahwa hampir 80 persen konsumen mengatakan mereka akan
lebih cenderung untuk membeli lebih sering dari sebuah perusahaan yang memiliki
kehadiran di media sosial.
Panduan ini akan
memberi Anda beberapa petunjuk untuk memulai pemasaran melalui media sosial
untuk bisnis Anda tanpa membuang-buang waktu terlalu banyak, dan mengungkapkan
cara yang relatif mudah untuk membantu mendapatkan eksposur media sosial untuk
perusahaan Anda secara gratis.
Mengetahui
Demografi
Mengetahui di mana
audiens target Anda bergaul dapat membantu Anda memutuskan mengambil strategi
pemasaran melalui media tersebut, yang feedback-nya tentunya peningkatan dalam
penjualan bisnis Anda.Berikut beberapa media sosia yang populer:
Facebook: Facebook terus mendapatkan pangsa
terbesar dalam pengguna, dengan 71 persen dari pengguna internet sekarang
menggunakan situs ini. Sepenuhnya
70 persen kunjungan situs setiap hari, dan hampir 50 persen terlibat dengan
situs lebih dari sekali sehari.
Pinterest: Wanita mendominasi Pinterest. Empat puluh dua persen wanita secara
online menggunakan situs, dibandingkan dengan laki-laki yang hanya 13 persen.
LinkedIn: Platform ini menarik 28 persen dari
semua pengguna internet. Sebagian
besar dari mereka yang terdaftar di dalamnya memiliki pendidikan tinggi.
Instagram: Lebih dari 50 persen dari semua
orang dewasa online, berusia 18-29 tahun, menggunakan Instagram.
Twitter: Dua puluh tiga persen orang
dewasa secara aktif online menggunakan Twitter, dan yang terbesar demografi di
sini adalah mereka yang berusia 18 sampai 29 tahun. Saat ini, lebih banyak pria
daripada wanita pengguna twitter.
Google+: Sebuah survei yang
dilakukan oleh Forrester menunjukkan bahwa sekitar 22 persen dari populasi
orang dewasa online mengunjungi Google+ setiap bulan.
Dengan memilih saluran
media sosial yang tepat untuk bisnis Anda adalah sebuah keputusan penting. Untuk menghindari buang-buang waktu
dan uang, jelas tentang kelompok terbesar yang ingin Anda targetkan.
Apakah produk dan
layanan diarahkan warga senior?
Apakah Anda terutama menjual ke
perempuan?
Apakah target pasar
Anda milenium?
Apakah Anda mencoba
untuk mendapatkan perhatian dari para profesional dan entitas
perusahaan?
Apakah Anda ingin
menarik keluarga?.
Selanjutnya, memeriksa
kehadiran online pesaing Anda dan situs media sosial yang mereka pilih?
Jawaban atas semua
pertanyaan ini akan membantu Anda mempersempit upaya awal Anda dalam dunia baru
yang berani dari media sosial. Jangan
pernah menyebar sendiri dan melompat ke dalam setiap platform media sosial.(AR.Rahadian)
Labels:
pedoman usaha
Thanks for reading Pemasaran Melalui Media Sosial. Please share...!
0 Comment for "Pemasaran Melalui Media Sosial"