CHAQIAL

Kumpulan Tulisan Ringan, Sahabat Saat Santai

Peluang Subur Bisnis Pangkas Rambut


Memperhatikan penampilan, khususnya perawatan rambut tidak hanya urusan kaum hawa saja. Kini, para pria pun  ingin tampil bersih, rapi dan trendi dengan potongan rambut yang mengikuti perkembangan terkini. Itu sebabnya, potensi bisnis pangkas rambut masih terbuka lebar. Salah satu pengusaha yang ikut berkecimpung dalam bisnis ini adalah Triyan Sudarmanto.

Ia mendirikan bisnis pangkas rambut bermerek Coolio Barbershop pada akhir tahun 2010 di Surabaya, Jawa Timur. Untuk mengembangkan usaha, Triyan pun menawarkan kemitraan pada pertengahan akhir 2015. Kini, sudah ada lima gerai Coolio Barbershop yang berdiri,  diantaranya tiga gerai milik pusat dan sisanya milik mitra di Surabaya. “Rencananya bulan ini akan ada mitra baru di Surabaya dan ekspansi ke Malang,” ujar Triyan.

Tertarik untuk bergabung? Dia menawarkan kemitraan senilai Rp 70 juta. Mitra akan mendapat sistem yang terhubung dengan pusat, SOP, desain interior, survei lokasi, perlengkapan dan peralatan usaha senilai Rp 15 juta, dukungan pusat baik promosi untuk bisa mendapatkan target omzet yang diberikan pusat dan pelatihan karyawan.
Kerjasama usaha berlangsung selama empat tahun. Triyan mengatakan, mitra dipungut biaya biaya royalti 5% dari omzet per bulan dam wajib membeli produk pomade produksi Coolio.

Pangkas rambut ini menawarkan berbagai jasa untuk pelanggan khusus laki-laki, seperti jasa potong rambut, cuci, pijat yang dihargai sekitar Rp 50.000. Sedangkan jasa pewarnaan rambut dibanderol seharga mulai dari Rp 100.000.

Triyan mengklaim kelebihan Coolio Barbershop adalah keterampilan tenaga kerja di gerai yang sudah terlatih. Selain itu, gerai ini juga mengedepankan pelayanan jasa yang terus up to date dan dikolaborasikan dengan gaya Coolio Barbershop. “Terkadang kami punya tren sendiri yang diaplikasikan ke pelanggan,” ucap Triyan.

Satu gerai rata-rata bisa dikunjungi 20 orang per hari. Sehingga mitra bisa meraup omzet Rp 30 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya operasional, sewa tempat, dan gaji pegawai, mitra masih bisa meraup laba bersih sekitar 30%. Dari situ, mitra diperkirakan balik modal sekitar 18 bulan−20 bulan. Triyan menjelaskan, luas ruangan yang dibutuhkan sekitar 4 m x 8 m dengan tiga orang karyawan. Ke depannya, Triyan menargetkan bisa menggandeng 12 mitra anyar di tahun 2016.

Khoerussalim Ikhsan, pengamat waralaba dari Entrepreneur College berpendapat, peluang bisnis pangkas rambut sudah makin banyak. Sehingga yang harus diperhatikan adalah bagaimana mitra yang bergabung bisa terjamin akan mendapat omzet yang ditargetkan oleh pusat. Kendala yang kerap terjadi seperti pasokan SDM yang terlatih pun harus dapat diatasi nantinya. Dengan menjalankan pelatihan karyawan di barbershop, tidak menjanjikan pegawai akan loyal karena mereka bisa membuka gerai barbershop sendiri. “Untuk itu, harus ada sistem yang kuat,” imbuhnya.        
Labels: peluang usaha

Thanks for reading Peluang Subur Bisnis Pangkas Rambut. Please share...!

0 Comment for "Peluang Subur Bisnis Pangkas Rambut"

Back To Top