![]() |
Ilustrasi: mylevitra.org |
Dunia sekarang mengalami banyak
perubahan dengan kecepatan yang luar biasa, hanya kegesitan yang dapat membantu
Anda mengatasi setiap tantangan dan mencapai puncak harapan Anda.
Jagalah diri Anda agar tetap
bugar! Serap setiap gagasan baru, dan waspadai perubahan. Jika tidak, maka
pesaing Anda akan melesat jauh meninggalkan Anda. Di zaman sekarang kegiatan
bisnis bagaikan mengendarai sebuah sepeda, harus terus bergerak atau Anda akan
jatuh dan terlupakan.
Doronglah diri Anda untuk
terus bergerak! Ingat ada banyak tempat di puncak, tetapi tidak ada tempat
untuk duduk bersantai.
Dunia boleh berubah dengan
cepat, tetapi customer tetaplah menjadi bos Anda yang sesungguhnya. Tanpa
customer bisnis Anda akan mati, ingatlah, 70% customer pergi akibat pelayanan
yang buruk dan tidak memuaskan. Selain menjual produk yang berkualitas, hal-hal
lain yang juga penting adalah layanan purnajual.
Jika Anda dapat memahami
keadaan customer Anda, Anda akan tahu cara membuat mereka senantiasa tersenyum.
Dan senyuman mereka adalah pertanda mesin kas Anda akan selalu berdenting.
Bukan itu saja satu senyuman dari customer, ia akan membawa 100 customer baru
bagi bisnis Anda.
Harus Anda ingat, untuk
mendapatkan satu cutomer baru dibutuhkan biaya yang nilainya enam kali lipat
biaya mempertahankan satu orang customer lama Anda.
Apa yang harus Anda lakukan
untuk dapat menjaga cutomer, berikut ini beberapa hal yang yang harus Anda
ketahui;
Cara
Menjual, bayangkan diri Anda berada di posisi customer.
Kuncinya, temukan sebuah kebutuhan dan penuhi! Begitu Anda mengenali kebutuhan
customer dan memuaskan mereka, artinya Anda memiliki sebuah tongkat sihir yang
akan memberi Anda kemakmuran.
Cutomer
adalah atasan, tidak akan pernah ada atasan lain selain
customer, merekalah satu-satunya atasan Anda yang seharusnya Anda layani.
Ingat! Semua yang Anda miliki, merekalah yang membiayai. Mobil mewah, rumah
besar, hingga pakaian yang Anda kenakan,
semua itu mereka menanggungnya. Jangan membuat mereka menjadi jengkel atau
Anda akan dipecat dan habis semua yang Anda miliki.
Cutomer
adalah bisnis, bisni adalah orang, orang adalah customer,
ini adalah sebuah lingkaran, dan kita bergerak dalam lingkaran yang kita buat
sendiri, lingkaran besar, sedang, dan kecil. Anda harus menentukan untuk diri
sendiri, seberapa besar lingkaran yang Anda inginkan. Begitu telah Anda
tentukan besarnya lingkaran, tentukanlah sebuah cara agar lingkaran itu tetap
berputar, kepuasan orang adalah kata kuncinya.
Bangunlah
bisnis yang berorientasi pada customer, jadikanlah hal ini sebagai tujuan tunggal
Anda. Dan percayalah, Anda tidak akan gagal. Apa yang akan terjadi? Anda akan
mempertahankan customer dengan lebih baik, dan Anda boleh yakin bahwa karyawan
akan mulai mempertahankan customer Anda dengan lebih baik.
Dengarkanlah
customer Anda, dengarkan kata-kata customer, keluhan
mereka ibarat bara api , Anda dapat mengubahnya menjadi kobaran api. Atau malah
sebaliknya menjadikannya debu dengan meneteskan beberapa tetes air mata
penyesalan.
Lakukan
pengecekan dengan customer tentang perilaku karyawan,
jujurlah pada diri Anda sendiri demi kebaika, dan cobalah untuk melihat kapan
terakhir kali Anda melakukan pengecekan dengan customer, tentang perlakuan
karyawan Anda terhadap mereka. (AR. Rahadian)
Sumber: defenitive of
Drucker (Peter F. Drucker, Phd)
Labels:
tips usaha
Thanks for reading Pelanggan Adalah Bos Anda. Please share...!
0 Comment for "Pelanggan Adalah Bos Anda"