CHAQIAL

Kumpulan Tulisan Ringan, Sahabat Saat Santai

Lima Strategi Pemasaran Media Sosial

Begitu banyak flatform media sosial yang berbeda di internet dari sekian banyak ada sekitar selusinan yang begitu populer. Media sosial kini menjadi sarana dalam pemasaran sebuah produk atau bisnis.

Kesuksesan dari pemasaran tidak terlepas dari perencanaan strategi yang telah di tetapkan. Bagaimana agar dapat sukses dalam memasarkan bisnis di Media Sosial?

Dikutip dari laman businessnewsdaily, Kruger Wied, Direktur pemasaran perangkat lunak Pubsoft memberikan lima strategi agar sukses dalam pemasaran di media sosial. Apa saja strateginya? Dibawah ini diulas secara ringkas:

Jadikan target pasar Anda sebagai panduan: pasar senantiasa berubah setiap waktu, Anda harus memastikan sebuah platform yang akan di jadikan sebagai patner dalam memasarkan bisnis Anda. Sesuaikan dengan target pasar yang Anda bidik. Jika target Anda di batasi dengan usia, lihat platform mana yang sesuai dengan harapan Anda memang hal ini akan membuat Anda bekerja lebih banyak, tetapi dengan mengetahui demografi dari sebuah platform akan  membuat tingkat keberhasil an lebih tinggi.

Tempatkan tenaga marketing yang handal: dalam menempatkan tenaga marketing jangan terlalu banyak cukup satu atau dua orang tenaga yang handal, mengerti dan memahami dunia jaringan media sosial. Penting untuk membangun jaringan yang membentuk ikatan emosional dengan target pasar Anda. Jangan berlebih dan memborbadir informasi pada target pasar Anda. Dengan tenaga marketing yang handal dan tepat serta dapat membangun saling ke terikatan secara emosional, pada akhirnya dapat membentuk sebuah komunitas yang kuat dengan latar belakang dari bisnis Anda.

Maksimalkan media sosial gratis: pada dasarnya gratis hanyalah sebuah istilah yang relatif. Pastinya Anda membutuhkan waktu yang banyak dalam membangun jaringan pemasaran di media sosial. Perlu kualitas konten yang bagus dan kuat ketika Anda memilih sebuah jaringan media sosial. Sesuaikan dengan waktu dan kemampuan yang Anda miliki. Semisal, Anda kurang banyak memiliki waktu gunakan media sosial yang lebih kondusif dan cepat dalam berbagi dalam hal ini pilihlah tweeter. Jika Anda memiliki banyak waktu dan kemampuan dalam tulisan, edit gambar serta produk gambar yang berkualitas. Pilihlah media sosial yang sesuai dengan waktu dan kemampuan yang dimiliki.

Sesuaikan dengan passion Anda:  hal ini mutlak dipertimbangkan, membangun jaringan adalah sebuah proses jangka panjang yang sangat melelahkan. Sebaiknya Anda memilih sebuah platform yang senada dengan passion yang dimiliki. Misalnya Anda adalah seorang yang sangat visual pilihlah instragram. Atau Anda sangat menyenangi dunia kepenulisan, maka pilihlah blogger atau WordPress. Suatu pekerjaan yang didasari dari passion akan membuat Anda enjoy dan menikmati pekerjaan Anda yang pada akhirnya akan menghasilkan konten yang bermutu dan berkualitas. Penting bagi Anda sebelum memilih untuk mengetahui akan minat yang Anda miliki.

Jangan lupakan niche: pemasaran di media sosial begitu banyak diramaikan oleh beberapa pebisnis atau produsen tentunya membuat persaingan semakin ketat. Persaingan yang akan Anda temukan bukan saja yang sejenis dengan bisnis Anda tetapi juga dari berbagai jenis bisnis. Apa ceruk pasar (niche) utama yang Anda targetkan? Sesuaikan dengan niche bisnis Anda, masuki kelompok yang sesuai dengan niche Anda itu akan lebih berpeluang bagi Anda dalam mendapatkan sukses di pemasaran media sosial.

Pemasaran dimedia sosial bukan saja hanya sebatas membagikan konten atau informasi dari sebuah bisnis. Pemasaran media sosial membutuhkan perencanaan strategi yang matang, Agar Anda sukses dan berhasil. Tanpa perencanaan ibaratnya Anda menembaki sasaran yang tidak tepat, menborbadir yang hanya membuang amunisi dan ini akan menjadi sebuah pekerjaan yang sia-sia.

Labels: tips usaha

Thanks for reading Lima Strategi Pemasaran Media Sosial. Please share...!

0 Comment for "Lima Strategi Pemasaran Media Sosial"

Back To Top